Rekomendasi Film Untuk Kamu

15 Rekomendasi Film Horror Found Footage

Rekomendasi Film Horror Found FootageFilm dengan genre horror memang banyak penggemarnya. Dari sekian banyak film horror terkenal terdapat satu jenis film horror yang memiliki keunikan tersendiri dan terkadang memberikan kesan horror yang lebih nyata, itu ialah film horror dengan jenis found footage. 

Rekomendasi Film Horror Found Footage
Sumber : Google Images

Found footage sendiri ialah teknik film yang tersaji secara "mentah". Yaitu seolah-olah footage itu ditemukan di suatu tempat dan dilakukan oleh orang yang amatir. Apa saja daftar filmnya ? Silahkan simak berikut ini.


1. Cannibal Holocaust (1980)

Sinopsis film horror found footage : Cannibal Holocaust (1980)
Sumber : IMDB

Cannibal Holocaust (1980) rilis perdana pada tanggal 7 February 1980 dengan durasi sekitar 1 jam 35 menit. Film ini merupakan besutan sutradara Ruggero Deodato. Dan dihiasi oleh beberapa pemain bintang pada masa itu, seperti Robert Kerman, Francesca Ciardi, Perry Pirkanen.

Sinopsis film horror found footage : Cannibal Holocaust (1980)

Bercerita tentang kisah dari para kru film yang hilang disuatu tempat. Peristiwa itu terjadi pada saat kru ini akan melakukan syuting film dokumenter tentang sebuah suku kanibal lokal. 

Baca Juga : 10 Rekomendasi Film Horror Turki, Selain Siccin Series

Hingga pada saat tim penyelamat datang untuk mencari mereka, yang ditemukan hanya sisa film dari tim tersebut. Dan pada saat mereka melihat hasilnya tim penyelamat terkenjut. 

2. The Last Broadcast (1998)

Sinopsis film horror found footage : The Last Broadcast (1998)
Sumber : IMDB

Film horror selanjutnya ialah The Last Broadcast (1998) yang rilis perdana pada tanggal 23 Oktober 1998. Hadir pada saat itu dengan durasi tayang sekitar 1 jam 26 menit. Dan mendapatkan rating skor IMDB yang lumayan yaitu 5.3/10.

Sinopsis film horror found footage : The Last Broadcast (1998)

Berkisah tentang kru film yang datang kedalam sebuah tempat yang berada di hutan. Mereka ini berencana untuk membuktikan tentang sebuah hal mistis yang dikenal dengan Jersey Devil. 

Sekitar tiga hari kemudian, sebanyak dua orang dari tim tersebut meninggal dunia dan satu orang berhasil keluar dari sana. 

Ia kemudian dijadikan sebagai tersangka dari hilangnya dua orang lainnya. Akan tetapi seorang pembuat film menemukan rekaman mereka dan mendapatkan cerita lain dari itu semua.

3. The Blair Witch Project (1999)

Sinopsis film horror found footage : The Blair Witch Project (1999)
Sumber : IMDB

The Blair Witch Project (1999) merupakan sebuah film found footage yang rilis perdana pada tanggal 30 Juli 1999. Dan merupakan hasil besutan dua orang sutradara yaitu Daniel Myrick dan Eduardo Sánchez. Yang mana memiliki lama durasi sekitar 1 jam 21 menit.

Sinopsis film horror found footage : The Blair Witch Project (1999)

Menceritakan tentang tiga orang murid sekolah yang akan melakukan hiking ke sebuah daerah yang dikenal dengan Black Hills. Acara itu terjadi pada tahun 1994 dan bertujuan untuk membuat sebuah film dokumenter tentang legenda yang ada di daerah tersebut bernama Blair Witch. 

Akan tetapi sesudah pertama kali kesana tiga orang murid tersebut tidak ditemukan kembali. Namun hanya rekaman video dari mereka saja yang ditemukan sekitar satu tahun kemudian.

4. Paranormal Activity Series (1,2,3,4,The Marked Ones,The Ghost Dimension)

Sinopsis film horror found footage : Paranormal Activity Series
Sumber : IMDB

Paranormal Activity Series merupakan beberapa film dengan judul Paranormal Activity yaitu Paranormal Activity 1 (2007), Paranormal Activity 2 (2010), Paranormal Activity 3 (2011), Paranormal Activity 4 (2012), Paranormal Activity : The Marked Ones (2014), dan Paranormal Activity: The Ghost Dimension (2015). Untuk sekarang serial Paranormal Activity hanya sampai Paranormal Activity: The Ghost Dimension (2015). Namun tidak menutup kemungkinan ada ada series lainnya dari Paranormal Activity inti kedepannya.

Sinopsis film horror found footage : Paranormal Activity Series

Paranormal Activity Series berawal dari kisah Paranormal Activity Series 1 (2007) tentang kisah dari pasangan muda yang didatangi oleh roh jahat di rumah mereka. 

Baca Juga : 9 Rekomendasi Film Horror Thailand Tema Sekolah

Sehingga kedatangan roh tersebut membuat mereka terganggu dan memutuskan untuk memasang kamera di berbagai sudut rumah. Semenjak merekamnya mereka selalu menemukan kejadian-kejadian janggal di rumah itu.

5. Rec Series (1,2,3,4)

Sinopsis film horror found footage : Rec Series
Sumber : IMDB

Hampir sama dengan series Paranormal Activity, film dengan judul Rec ini juga beberapa series diantaranya REC (2007), [Rec]² (2009),[REC] 3: Genesis (2012), [REC] 4: Apocalypse (2014). Series film ini disutradara oleh Jaume Balagueró dan Paco Plaza.

Sinopsis film horror found footage : Rec Series

Rec Series pada walnya berkisah tentang seorang reporter dan juga kameramen. Mereka ini akan melakukan sebauh liputan pada sebuah bangunan apartemen di Barcelona. 

Yang terjadi apartemen itu telah dikarantina. Pemberitahuan karantina tersebut terlambat mereka dapatnya sehingga membuat mereka terjebak dalam apartemen itu. Dalam tempat itu terdapat para penghuni yang menunjukkan gejala dari sebuah penyakit yang ganas dan tak segan membunuh orang lain.

6. Lake Mungo (2008)

Sinopsis film horror found footage : Lake Mungo (2008)
Sumber : IMDB

Merupakan sebuah film horror found footage karya Joel Anderson. Yang rilis perdana pada tanggal 18 Juni 2008 silam. Film ini hadir dengan lama durasi sekitar 1 jam 27 menit. Dan mendapatkan rating skor yang lumyana di IMDB yaitu sebesar 6.3/10.

Sinopsis film horror found footage : Lake Mungo (2008)

Berkisah tentang sebuah keluarga yang mengalami musibah yang tak pernah mereka bayangkan sebelumnya. Mereka adalah keluarga Palmer. Keluarga ini mengalami musibah kehilangan anak perempuan mereka akibat tenggelam. 

Namun ternyata tak sampai disana, semenjak meninggalnya sang anak mereka selalu mendapati gangguan supranatural yang begitu mengerikan.

7. Cloverfield (2008)

Sinopsis film horror found footage : Cloverfield (2008)
Sumber : IMDB

Tayang pertama kali pada tahun 2008 lalu yaitu lebih tepatnya pada tanggal 18 Januari 2008. Serial ini adalah hasil besutan dari sutradara bernama Matt Reeves yang hadir dengan lama durasi 1 jam 25 menit. Dan mendapatkan rating cukup tinggi di IMDB yaitu sebsar 7.0/10.

Sinopsis film horror found footage : Cloverfield (2008)

Menceritakan tentang kisah dari lima orang warga kota New York. Yang mana mereka ini harus kabut dari moster besar dan makhluk aneh di kota itu. Makhluk ini datang ke kota dan melakukan penyerangan yang mengerikan disana.

8. Keramat (2009)

Sinopsis film horror found footage : Keramat (2009)
Sumber : IMDB

Keramat (2009) adalah film horror Indonesia dengan tema found footage. Film ini merupakan karya dari seorang sutradara bernama Monty Tiwa. Yang rilis perdana pada tanggal 3 September 2009 silam. Film dengan lama durasi 1 jam 20 menit ini dihiasi oleh beberapa pemain bintang seperti Poppy Sovia, Migi Parahita, Sadha Triyudha.

Sinopsis film horror found footage : Keramat (2009)

Menceritakan mengenai kisah dari sekelompok tim produksi film yang berasal dari Jakarta. Mereka ini akan berencana untuk berangkat ke Bantul untuk melakukan pra-syuting. Akan tetapi selama perjalanan mereka mengalami hal-hal aneh.

9. Trollhunter (2010)

Sinopsis film horror found footage : Trolljegeren (2010)
Sumber : IMDB

Rilis pertama kali pada tanggal 29 Oktober 2010 silam dengan judul asli "Trolljegeren". Film ini buatan negara Norwegia yang disutradara oleh André Øvredal. Dengan lama durasi film sekitar kurang lebih 1 jam 43 menit.

Sinopsis film horror found footage : Trolljegeren (2010)

Bercerita tentang dari beberapa orang murid yang melakukan penelusuran ke hutan dengan merekamnya. Mereka berada di sebuah tempat di Norwegia dan berusaha untuk memecahkan misteri dari pembunuhan beruang pada sebuah desa di daerah itu. 

Baca Juga : 10 Rekomendasi Film Horror Korea Tema Sekolah

Namun ternyata mereka menyadari bahwa pelaku dari pembunuhan beruang itu tidak seperti apa yang mereka bayangkan.

10. V/H/S Series

Sinopsis film horror found footage : V/H/S Series
Sumber : IMDB

V/H/S Series terdiri dari beberapa film V/H/S yaitu, V/H/S (2012), V/H/S/2 (2013), V/H/S Viral (2014). Merupakan series film yang berasal dari negara Amerika Serikat. Film ini hadir dengan kolaborasi dua buah genre yaitu Thriller dan horror.

Sinopsis film horror found footage : V/H/S Series

V/H/S Series pada awalnya berkisah tentang sekelompok kriminal kelas teri yang secara miterius di minta oleh seseorang untuk mencuri sebuab kaset vhs pada sebuah rumah yang sudah terbengkalai. 

Setelah sampai disana mereka menemukan banyak kaset vhs yang tak tau mana yang harus mereka ambil. Hingga pada akhirnya mereka menyadari ada sesuatu yang tak beres disana.

11. The Sacrament (2013)

Sinopsis film horror found footage : The Sacrament (2013)
Sumber : IMDB

Rilis pertama kali pada tanggal 1 Mei 2014 silam dengan lama durasi sekitar 1 jam 39 menit. Film ini merupakan hasil karya dari seorang sutradara benama Ti West. Yang mana film ini mendapatkan skor yang lumayan tinggi di IMDB yakni 6.1/10.

Sinopsis film horror found footage : The Sacrament (2013)

Bercerita tentang kisah daru dua orang jurnalis VICE yang mana mereka mencoba untuk mendokumentasikan usaha dari teman mereka dalam mencari saudara perempuannya. 

Hal tersebut terjadi karena saudara perempuannya itu bergabung pada sebuah organisasi religius yang tertutup serta misterius.

12. Willow Creek (2013)

Sinopsis film horror found footage : Willow Creek (2013)
Sumber : IMDB

Willow Creek (2013) rilis perdana pada tanggal 2 Mei 2014 silam dengan lama durasi yang berlangsung sekitar kurang lebih 1 jam 20 menit lamanya. Film ini merupakan hasil besutan dari sutradara bernama Bobcat Goldthwait. Dan mendapatkan rating skor lumayan di IMDB yaitu sebesar 5.1/10.

Sinopsis film horror found footage : Willow Creek (2013)

Mengisahkan tentang sepasang kekasih yang berencana untuk pergi ke sebuah kawasan hutan bernama Willow Creek. Hal ini bertujuan untuk mencari makhluk mitos yang bernama Bigfoot. 

Semua ini terjadi karena sang suami sangat percaya bahwa ada Bigfoot disana. Dan sepanjang penelusuran tersebut mereka merekam seluruh perjalanan itu dan berharap bisa bertemu dengan makhluk tersebut. 

13. Creep Series

Sinopsis film horror found footage : Creep Series
Sumber : IMDB

Creep Series adalah serial Creep 1 pada tahun 2014 dan Creep 2 pada tahun 2017. Series ini adalah hasil karya dari sutradara bernama  Patrick Brice. Dengan kolaborasi dua genre yaitu Horror dan Thriller membuat film ini mendapatkan rating skor lumayan di IMDB. Series ini hadir dengan lama durasi 77 menit pada Creep 1, dan 78 menit pada Creep 2.

Sinopsis film horror found footage : Creep Series

Pada awalnya menceritakan mengenai kisah dari Aaron, yaitu seorang videografer yang di minta untuk membuat sebuah serial video. Serial video itu ditujukan untuk Josef. Josef sangat ingin membuat video karena ia telah dinyatakan sakit dan tak memiliki umur yang panjang. 

Namun semakin dekat hubungan mereka semakin terungkap pula sebuah misteri dari Josef. Ia semakin terlihat sifat aslinya dan juga memiliki prilaku tidak stabil.

14. Unfriended Series

Sinopsis film horror found footage : Unfriended Series
Sumber : IMDB

Hadir dengan dua film yaitu Unfriended 1 (2014) dan juga Unfriended: Dark Web (2018). Series ini adalah film-film dengan genre horror, mystery dan thriller. Yang merupakan hasil karya dari sutradara Levan Gabriadze dan Stephen Susco. 

Sinopsis film horror found footage : Unfriended Series

Pada mulanya menceritakan tentang kisah daru Laura Barns yang bunuh diri setelah mendapatkan perundungan karena seseorang yang tak dikenal telah mengunggah video Laura yang memalukan. Sehingga hal tersebut membuatnya di olok-olok. 

Setelah satu tahun kemudian beberapa teman Laura melakukan video call group namun secara mengejutkan muncul akun tak dikneal dengan nama billie227 dan mulai meneror mereka.

15. Atrocious (2010)

Sinopsis film horror found footage : Atrocious (2010)
Sumber : IMDB

Rilis pertama kali pada tanggal 17 Agustus 2011, dengan durasi yang hadir sekitar 1 jam 19 menit. Film ini disutradara oleh Fernando Barreda Luna dan mendapatkan rating skor yang lumayan di IMDB yakni sebesar 5.0/10.

Sinopsis film horror found footage : Atrocious (2010)

Pada awalnya berkisah tentang sebuah keluarga yang memiliki acara web tentang investigasi kegiatan paranormal dalam mengungkap mitos dan urban legend. Pada suatu hari mereka berencana untuk menyelidiri roh wanita yang katanya menghantui sebuah daerah bernama hutan Garraf. 

Dan setelah lima hari kemadian mereka ditemukan telah tewas secara misterius. Namun pihak berwenang menemukan rekaman yang berhasil mereka rekam selama 5 hari terakhir.

Itu tadi beberapa rekomendasi film horror found footage. Semoga dengan adanya list ini bisa memberikan referensi bagi kamu dalam menemukan film-film. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »

Posting Komentar